Senin, 22 Maret 2010

Teluk Kuantan

Teluk Kuantan merupakan ibukota dari Kabupaten Kuantan Singingi propinsi Riau. Dahulunya kota ini bernama Taluk kuantan entah kenapa sekarang berobah nama menjadi Teluk Kuantan.Kata Taluk "sebagian cerita tetua dikampung" merupakan simbol bahwa kota ini dahulunya tidak bisa di taklukkan oleh Belanda. Seluruh masyarakat mempertahankan daerahnya dari kedatangan dan serangan tentara Belanda. Sehingga tidak sedikit korban berjatuhan dari kedua belah pihak. Dengan semangat dan persatuan yang tingi untuk mempertahan kan daerahnya akhirnya Taluk kuantan bisa dipertahankan. Dan merekapun berpesan supaya kata TALUK ini jangan sekali-kali dirubah, seandainya ini ditukar maka kesaktian nagori akan punah. Kata Taluk ini merupakan mantra yang menjadi benteng bagi persatuan masyarakat dan kampung yang tak bisa digoyahkan dan dirobohkan.Selagi kata Taluk ada maka yang memimpin negeri ini, tetap orang taluk yang tak bisa di taklukkan, katanya.

Setelah Kabupaten Kuantan singingi berdiri maka kota Taluk Kuantan berubah nama menjadi Teluk Kuantan. Otomatis nilai sejarahnya pun hilang. Orang-orang dinegeri Belanda tentu akan kesulitan mencari dipeta nama kota TALUK, yang dahulunya tak bisa ditaklukkan oleh pasukannya,sebab yang ada kota Teluk Kuantan yang hampir sama namanya dengan perang Teluk di kuwait. Seandainya Jendral Sudirman masih hidup dia tentu akan kebingungan mencari Kota Taluk yang dahulunya kuat kokoh dipertahankan oleh penduduknya dengan gagah berani, sebab semua plang nama yang ada bertuliskan kota Teluk Kuantan. Beliau tentu berfikir kenapa hampir sama dengan Teluk Bayur di Padang, tetapi di Teluk Kuantan tidak ada kapal yang berlabuh.

Tidak adalagi yang namanya orang TALUK yang disegani di darat, di hilir dan di hulu kuantan, sebab yang ada hanya orang TELUK. Anak cucu nantinya tentu tidak berkata "saya orang TALUK", tetapi mereka akan mengatakan "saya orang TELUK". Seandainya cerita "tetua dikampung" ini benar, tentu Tuah "TALUK" telah hilang, akhirnya nogori TALUK dikuasai oleh orang lain, mungkinkah maksudnya orang-orang di TELUKKUANTAN ???.
Wallahu alam.

Tidak ada komentar: